Gaji Pemain Liga Indonesia Termahal: Siapa Saja Mereka? (2024)

Gaji pemain sepak bola di Liga Indonesia sering kali menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Meski profesi atlet masih sering disepelekan oleh banyak orang, beberapa pemain sepak bola Indonesia berhasil meraih pendapatan yang sangat fantastis, mencapai miliaran rupiah per tahun. Siapa saja pemain tersebut? Mari kita kenali nama-nama mereka, serta karier dan klub asal mereka.

1. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly adalah salah satu pemain dengan gaji tertinggi di Liga Indonesia. Bermain untuk Bali United FC, Lilipaly juga merupakan pemain andalan Timnas Indonesia. Nilai pasar Stefano Lilipaly mencapai 5,6 miliar rupiah. Kariernya di Bali United sangat gemilang, dengan kontribusinya membawa klub meraih juara Liga 1 Indonesia pada tahun 2009.

2. Febri Haryadi

Febri Haryadi, pemain yang dikenal sebagai andalan Persib Bandung, memiliki gaji yang sangat tinggi, yaitu mencapai nilai pasar 5,2 miliar rupiah. Selain menjadi pemain kunci di klubnya, Febri juga berperan penting dalam Timnas Indonesia. Kecepatan dan kemampuan dribbling-nya membuatnya menjadi salah satu pemain paling ditakuti di Liga Indonesia.

3. Rachmat Irianto

Rachmat Irianto, juga dari Persib Bandung, merupakan salah satu pemain dengan gaji termahal, diperkirakan mencapai 5,65 miliar rupiah. Kariernya yang cemerlang di dunia sepak bola membuatnya sering kali menjadi perbincangan. Keahlian defensif dan kepemimpinannya di lapangan telah membuktikan bahwa dia layak mendapatkan gaji yang tinggi.

4. Rizky Ridho

Rizky Ridho, yang saat ini bermain bersama Persija Jakarta, memiliki gaji yang diperkirakan mencapai 5,65 miliar rupiah. Sebelumnya, ia menjadi salah satu pemain penting di Persebaya Surabaya dan Timnas Indonesia. Kepindahannya ke Persija Jakarta pada musim 2023 menjadikannya salah satu pemain andalan klub tersebut.

5. Evan Dimas

Nama Evan Dimas tentu sudah tidak asing lagi bagi pecinta sepak bola Indonesia. Pemain yang pernah mendapatkan kesempatan belajar sepak bola di Spanyol ini kini bermain untuk Arema FC. Gajinya diperkirakan mencapai 5,3 miliar rupiah per tahun. Kemampuan playmaking dan pengalamannya di lapangan membuatnya menjadi pemain yang sangat berharga bagi klubnya.

6. Riko Simanjuntak

Riko Simanjuntak, pemain andalan Persija Jakarta, memiliki kisaran gaji mencapai 4,8 miliar rupiah. Dia telah membantu klubnya meraih dua gelar juara, yaitu Piala Presiden 2017 dan Liga Indonesia 2018. Kecepatan dan keterampilannya sebagai winger membuatnya menjadi salah satu pemain paling berbahaya di Liga Indonesia.

7. Ilija Spasojevic

Ilija Spasojevic, atau sering dipanggil Spaso, adalah pemain naturalisasi yang saat ini bermain untuk Bali United FC. Gajinya diperkirakan mencapai 4,8 miliar rupiah. Sebelum bergabung dengan Bali United, Spaso juga pernah menjadi pemain kunci di Persib Bandung. Prestasinya termasuk memenangkan Piala Presiden 2015 dan Liga 1 Indonesia 2019.

8. Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata adalah penjaga gawang utama Bali United dan Timnas Indonesia. Gajinya diperkirakan mencapai 4,78 miliar rupiah. Sebagai kiper, Nadeo telah menunjukkan performa yang konsisten dan sering kali menjadi pahlawan dalam berbagai pertandingan penting.

9. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan, yang kini bermain untuk KMSK Deinze, memiliki gaji sekitar 3,91 miliar rupiah. Gaji ini jauh lebih tinggi dibandingkan saat dia masih bermain untuk Persebaya, di mana gajinya hanya sekitar 1,3 miliar rupiah per musim. Marselino adalah pemain muda berbakat yang terus menunjukkan perkembangan pesat dalam kariernya.

Kesimpulan

Ternyata, ada cukup banyak pemain sepak bola Indonesia yang meraih gaji miliaran rupiah. Angka pendapatan yang sangat fantastis ini tentunya dapat menjadi motivasi bagi para atlet muda yang sedang meniti karier di dunia olahraga. Setiap pekerjaan memiliki peluangnya masing-masing, dan bagi para pemain sepak bola Indonesia, prestasi gemilang di lapangan bisa membawa mereka meraih pendapatan yang sangat tinggi.

Copyright © 2024