Panduan Promosi Bisnis Online via Aplikasi Instagram

gambar tersebut menyebutkan cara promosi di aplikasi instagram gambar tersebut menyebutkan cara promosi di aplikasi instagram

Panduan Promosi Bisnis Online via Aplikasi Instagram

Ada beberapa cara promosi bisnis online di Instagram yang dapat Anda pilih guna meningkatkan interaksi dan penjualan produk. Cara mempromosikan produk bisnis online melalui platform Instagram ini dinilai sebagai pilihan yang sangat jitu.

Sebab, platform Instagram sendiri memiliki sekitar 500 juta pengguna aktif. Jadi, dengan memasang iklan melalui fitur Instagram Ads ini dapat membantu usaha bisnis online yang Anda rintis semakin berkembang.

Ada 2 cara untuk langkah promosi produk dan toko bisnis online melalui Instagram. Kedua cara tersebut memang membutuhkan untuk pasang iklan. Maka, sebelum menyiapkan materi iklan. Anda juga wajib menyiapkan anggaran untuk pasang iklan melalui platform Instagram.

Ini Dia 2 Cara Promosi Bisnis Online di Instagaram Dengan Berbayar yang Dapat Anda Coba

Ada 2 cara yang dapat Anda pilih untuk memasang iklan melalui Instagram. Pertama, Anda dapat memasang iklan melalui fitur Instagram Ads. Dan cara kedua, Anda dapat menggunakan jasa endorsement atau paid promotion.

Kedua cara ini dirasa cukup jitu untuk menarik minat dan interaksi, calon konsumen sehingga dapat mempengaruhi peningkatan penjualan produk. Untuk itu, ini dia cara promosi bisnis online di Instagram melalui fitur Instagram Ads dan jasa endorsement atau paid promotion. Dianatranya adalah sebagai berikut ini :

  • Fitur Instagram Ads
  1. Masuk Ke Fitur Facebook Ads Manager

Silahkan login ke fitur Facebook Ads Manager terlebih dahulu.

  1. Memilih Pembuatan Iklan Terpadu

Kemudian, pilih iklan kampanye pada pembuatan iklan terpadu.

  1. Pilih Tujuan Iklan

Silahkan pilih tujuan pembuatan iklan. Apabila untuk memasarkan bisnis online yang Anda rintis. Maka, pilih penjualan katalog produk atau konversi

 

  1. Menentukan Target Iklan

Lalu, silahkan tentukan target iklan Instagram Ads yang akan Anda pasang. Pilih target audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, hingga lokasi. Tujuannya adalah agar iklan yang Anda pasang ini sesuai dengan kriteria audiens.

  1. Mengedit Penempatan Iklan

Kemudian, pilih edit penempatan iklan. Tempatkan iklan yang Anda pasang pada aplikasi Instagram.

  1. Menghubungkan Akun Instagram

Setelah itu, singkronasikan antara Facebook Ads Manager dengan akun Instagram bisnis online milik Anda.

  1. Memilih Format Iklan Instagram

Apabila akun Instagram telah terhubung. Maka, pilih format penampilan iklan. Disarankan untuk menggunakan format karosel. Sebab, format iklan karosel dapat menampilkan foto dan video sekaligus.

  1. Membuat Teks Deskripsi Iklan

Anda wajib membuat teks deskripsi iklan yang menarik dan mempersuasif calon konsumen untuk membeli produk Anda. Tambahkan keterangan dan deskripsi produk selengkap-lengkapnya.

  1. Upload Gambar dan Video

Dan cara promosi bisnis online di Instagram yang terakhir adalah  mengupload gambar dan video materi iklan. Silahkan pilih gambar dan video yang ingin Anda tampilkan untuk keperluan iklan Instagram.

  1. Melakukan Pembayaran Iklan

Apabila materi iklan telah siap. Silahkan siapkan metode pembayaran. Anda dapat menggunakan metode pembayaran via kartu kredit ataupun kartu debit.

 

  • Fitur Paid Promote atau Jasa Endorsement
  1. Memilih Artis atau Selebgram yang Menerima Jasa Endorsement

Silahkan pilih beberapa kandidat artis atau selebgram yang menerima jasa endorsement atau paid promote. Pilih artis atau selebgram yang memiliki pengikut cukup banyak dan aktif.

  1. Beri Sedikit Penjelasan Kepada Artis atau Selebgram Tersebut Mengenai Produk Anda

Setelah sepakat menggunakan artis atau selebgram tertentu. Maka, silahkan beri sedikit penjelasan tentang produk Anda. Agar, artis atau selebgram tersebut memahami produk yang Anda jual.

  1. Negosiasi Harga dan Pengiriman Contoh Produk

Dan cara promosi bisnis online di Instagram melalui jasa endorsement atau paid promote selanjutnya adalah negosiasi harga dan pengiriman contoh produk.

Seberapa Sukses Menggunakan Layanan Iklan Bisnis Online Melalui Platform Instagram ?

Rata-rata, pemasangan iklan melalui Instagram ini dapat dikatakan berhasil. Sebab, beberapa pelaku bisnis berbasis online ini merasa terbantu dengan adanya fitur Instagram Ads dan jasa endorsement.

Hal ini disebabkan karena populasi pengguna Instagram Indonesia ini mencapai 60 juta pengguna aktif. Sehingga dapat membangun brand awareness, meningkatkan interaksi dengan calon konsumen, hingga penjualan produk meningkat setiap hari. Maka dari itu, Anda perlu belajar mengenai cara promosi bisnis online di Instagram.

Promosi merupakan suatu langkah untuk menarik minat calon konsumen agar dikenal oleh masyarakat luas. Di era serba digital, Anda dapat memasang iklan melalui aplikasi Instagram. Maka dari itu, ada 2 cara promosi bisnis online di Instagram yang dapat Anda coba guna memasarkan produk.