breaking news New

Macam-macam atmosfer di bumi beserta fungsinya

Lapisan atmosfer bumi Lapisan atmosfer bumi

Bumi dikelilingi oleh lima lapisan atmosfer: troposfer, stratosfer, bola tengah, termosfer (ionosfer) dan bola luar. Kelima lapisan ini memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda serta jaraknya satu sama lain. Berikut adalah pernyataannya.

Lingkup Masalah
Mereka yang berada di troposfer masih bisa bernafas. Maka tidak heran jika kita melihat para pendaki bisa bertahan di etape ini. Namun, itu menyebabkan kelelahan dan keringat dingin.

Selama fase ini, fenomena alam seperti cuaca dan iklim terjadi. Lapisan troposfer mengandung 2 senyawa kimia yaitu karbon dioksida dan uap air yang paling banyak jika dibandingkan dengan lapisan lainnya.

Troposfer terletak antara 0 km dan 12 km di atas permukaan bumi. Troposfer adalah lapisan paling basal dekat tanah, sehingga troposfer menjaga udara tetap di tanah.
Lapisan ini memiliki banyak kegunaan.

Terjadinya berbagai fenomena alam
Berbagai fenomena alam dapat terjadi di troposfer, diikuti angin kencang yang sangat kencang, diikuti hujan lebat dan pembentukan awan bertahap, yang pada awalnya digambarkan sebagai awan tebal. Hampir orang hidup di lapisan ini.

lapisan batas (tropopause).
Troposfer diikuti oleh lapisan keseimbangan yang menghubungkan lapisan atmosfer tingkat atas. Ini termasuk lapisan batas, yang dianggap konstan, atau lapisan atmosfer pada saat gangguan terputus.

Ini berarti bahwa semua elemen oksigen dan karbon dioksida di lapisan batas ini telah dihancurkan. Ini mencegah kelangsungan hidup dan kelangsungan hidup manusia dan ternak dalam jangka panjang.

Suhu berada pada level yang berbeda
Ketinggian lapisan bervariasi sesuai dengan bentuk bola dunia. Misalnya, jarak antara permukaan bumi dan daerah kutub adalah 11 km dari troposfer di iklim sedang lainnya, tingginya sekitar 8 km, dengan suhu sekitar -460C dan suhu -500C. Itu berbeda dengan garis khayal khatulistiwa, atau sekitar 16 kilometer di atas khatulistiwa pada suhu sekitar -500C.

Kondisi suhu di troposfer
Karena kelebihan troposfer adalah menyeimbangkan suhu dan udara, tetapi lapisan troposfer tidak dapat menyeimbangkan suhu atau kelembaban. Jadi kita bisa melihat bahwa ada perbedaan suhu dari satu tempat ke tempat lain.

Sebagai contoh, jika kita berada di ketinggian, otomatis kita mengalami suhu yang lebih dingin, di ketinggian yang lebih rendah kita mengalami suhu yang lebih hangat. Perhatikan bahwa setiap lapisan atmosfer memiliki substrat tertentu.

Lapisan 0-1 km di atas permukaan bumi disebut akuifer planet.
Lapisan pada jarak 1 - 8 km disebut lapisan konvektif (aliran udara).
Lapisan yang terpisah 8-12 km disebut lapisan tropopause. Tidak ada udara yang tersedia pada tahap ini.
Stratosfer
Itu hanya lapisan dingin yang ditutupi oleh ozon. Lapisan stratosfer ini bertindak sebagai perisai terhadap gelombang radiasi UV yang sangat berbahaya ketika mengenai kulit manusia.
Lapisan ozon akan menipis jika terlalu banyak kerusakan akibat aktivitas seperti deforestasi besar-besaran di seluruh dunia. Lapisan di atas gangguan gangguan, zona gangguan. Beberapa fitur dari cakupan ini adalah;

Lokasi lapisan O3 (ozon).
Sebagian besar dari kita tidak benar-benar memahami bahwa lapisan ozon adalah sub-bagian dari stratosfer seperti yang kita kenal. Lapisan ozon berada 35 km di atas bumi. Perbedaan suhu mulai tampak pada tahap ini, begitu pula perbedaan tekanan, angin, dan suhu. Lapisan ini memiliki pengaruh yang sangat penting karena tidak langsung menembus permukaan matahari, tetapi menyerapnya. Pemanasan global mengancam akan menghancurkan lapisan ozon, seperti halnya ujung matahari. Sinar UV yang menembus pori-pori ini meningkatkan risiko kanker kulit dan penyakit berbahaya lainnya.

batas isotermal
Seperti stratosfer, stratosfer memiliki lapisan batas. Pada tahap ini, suhu relatif stabil, yaitu pada kisaran suhu 50 °C. Pembagian stratosfer adalah sebagai berikut.

lapisan isotermal
lapisan hangat
lapisan campuran atas
mesosfer
Sebuah lapisan antara 50 kilometer dan 75 kilometer di atas permukaan bumi. Lapisan atmosfer ketiga ini mengalami penurunan suhu yang signifikan dengan setiap kenaikan ketinggian.
Suhu lapisan mesosfer bisa mencapai 0,4 °C pada ketinggian 100 meter. Jika Anda bertanya-tanya mengapa meteor yang sangat besar dapat dihancurkan sebelum menabrak Bumi? Ini karena benda apa pun yang memasuki ruang angkasa di mesosfer berubah menjadi debu. Pada ketinggian terendah mesosfer, suhu lapisan ini sekitar 10°C, dan jarak maksimumnya adalah -120°C.

Mesosfer memiliki karakteristik ketinggian lapisan antara 50 kilometer dan 75 kilometer. Dan di lapisan ini, suhunya tidak konstan, turun 0,4 °C setiap 100 meter. Apa saja sifat-sifat lapisan mesosfer? Berikut penjelasannya:

Pelindung bumi dari benda luar angkasa
Bagaimana mesosfer melindungi bumi dari luar angkasa? Caranya adalah dengan memanfaatkan fluktuasi suhu setiap 100 meter. Jadi hal-hal yang ingin pergi ke luar angkasa berubah menjadi debu sebelum mencapai Bumi.

Perubahan cuaca dan suhu
Nilainya ekstrim dalam hal suhu dan kondisi cuaca, dengan kisaran maksimum 10 ° C hingga -120 ° C.

penghalang mesopause
Seperti 2 lapisan sebelumnya, lapisan mesosfer berbatasan langsung dengan termosfer. Ini berarti sama sekali tidak ada udara di lapisan ini. Bagian mesosfer yang terletak tepat di sebelah termosfer adalah lapisan mesopause atau bisa juga disebut lapisan transisi.

termosfer (ionosfer)
Termosfer adalah lapisan tempat terjadinya ionisasi partikel yang mempunyai efek merambat atau memantulkan gelombang radio, baik frekuensi rendah maupun tinggi.
Termosfer memiliki ketinggian antara 80 kilometer dan 100 kilometer. Setelah mesosfer, ada lapisan di luar mesosfer. Apakah kamu tahu Aura? Nah, aurora bisa terjadi di lapisan termosfer. Berikut penjelasannya:

Aurora muncul
Termosfer juga dikenal sebagai ionosfer. Ini terjadi sebagai akibat dari proses ionisasi partikel atau molekul. Adanya proses ionisasi yang menyebabkan berbagai reaksi adisi dan reduksi elektron yang menghasilkan cahaya berwarna indah. Cahaya ini dikenal sebagai aurora.

Perubahan suhu
Perubahan suhu pada lapisan termosfer berkisar antara 40°C dan 1232°C.

Listrik
Ada banyak proses ionisasi di ionosfer. Hal ini menyebabkan lapisan ini menjadi bermuatan listrik akibat proses dan aktivitas ionisasi.

Bidang reflektif gelombang radio
Banyak perusahaan media televisi dan radio menggunakan lapisan ini untuk memantulkan gelombang radio. Gelombang radio gelombang panjang dan gelombang pendek dari sublapisan Kennelly dan Appleton ditampilkan di lapisan ini.

bagian bawah/bagian dari lapisan ionosfer:

Dikenal sebagai lapisan Kennelly Heavyside atau lapisan E, ia terletak 100 hingga 200 kilometer di bawah permukaan bumi.
Lapisan Appleton, atau biasa dikenal sebagai lapisan F, berada 200 hingga 400 kilometer di bawah permukaan bumi.
Lapisan atom dari 400 kilometer hingga 800 kilometer
eksosfer
Eksosfer adalah lapisan terakhir yang menutupi Bumi dari 800 kilometer hingga 3260 kilometer. Pada lapisan ini terjadi berbagai interaksi antara gas-gas di ruang angkasa.
Gaya atau gravitasi bumi di lapisan bawah eksosfer, karena jauh dari permukaan bumi. Oleh karena itu, efek gravitasi pada lapisan ini sangat kecil. Karena lapisan eksosfer mulai berinteraksi dengan komposisi gas di ruang angkasa dengan cara yang sangat ketat.

Ada sangat sedikit gas di eksosfer. Munculnya cahaya redup di lapisan ini disebabkan oleh sangat sedikit hidrogen. Cahaya redup ini dikenal sebagai cahaya zodiak dan gegenscherin.

Cahaya tampak redup ini terutama merupakan hasil pantulan sinar matahari oleh banyak partikel debu meteorit. Perhatikan bahwa eksosfer adalah lapisan terpanas dari 4 lapisan lainnya. Lapisan ini disebut ruang antarplanet dan Bumi diam. Lapisan ini sangat berbahaya, karena di situlah terjadi penghancuran meteorit dari luar angkasa.

Ciri-ciri lapisan eksosfer :

Berada di ketinggian 500-1000 km.
Suhu mencapai 2.200 derajat Celcius
lapisan luar atmosfer