Penjelasan Kenapa Jumlah Kambing Akikah Bayi Perempuan dan Laki-Laki Itu Bersenjang

penjelasan-kenapa-jumlah-kambing-akikah-bayi-perempuan-dan-laki-laki-itu-berbeda penjelasan-kenapa-jumlah-kambing-akikah-bayi-perempuan-dan-laki-laki-itu-berbeda

Kehadiran seorang anak selantas menjadi anugerah tersenawak bagi orang tua. Terlebih bagi calon orang tua baru, memiliki anak lanang maupun nona itu klop aja yang berpengaruh bayinya lahir dengan membaik. Dalam agama islam, kelahiran seorang anak tentu ada kaitannya dengan akikah. Akikah adalah bentuk pengorbanan umat islam dengan menyembelih kambing bagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas kelahiran anak.

Dilansir dari Bincangsyariah.com, perintah akikah juga didasarkan ala riwayat Ummu Kurz Al-Ka’biyyah ra, dalam kitab Al-Muhadzzab karya Abu Ishaq As Sirazi tentang akikah. Ketika berPertanyaan keala Nabi Muhammad SAW tentang akikah, Nabi menbalasan bahwa akikah untuk bayi adam ada adalah 2 ekor kambing, sementara untuk bayi dara adalah satu ekor.

Bagi yang nggak mampu untuk akikah 2 ekor kambing saat memiliki anak lanang, maka juga diperbolehkan. Singkatnya, akikah merupakan bentuk syukur kepada Allah dengan menyebelih kambing dan nantinya daging tersebut dibagikan kepada kerabat karib dan tetangga. Terlepas dari itu, ternyata muncul perPerbincanganan mengapa kambing yang disembelih untuk anak lelaki dan dara itu Bermusuhan?

Ternyata ini argumentasi mengapa jumlah kambing akikah diselisihkan untuk anak lelaki dan nona

Berpertikaiannya jumlah kambing untuk akikah ini tak lepas dari sejarah sosial bangsa Arab di masa lintas. Pada saat itu orang-orang lebih mendambakan kehadiran anak lelaki ketimbang cewek. Bisa dibilang, mendapatkan anak lelaki di masa itu lebih membahagiakan daricukup anak cewek. Itulah mengapa penyembelihan kambing akikah anak jantan juga dilebihkan dibanding untuk anak cewek.

Dalam Islam senpribadi, akikah juga memiliki jumlah keutamaan, yaitu;

1.Meningkatkan ibadah kepada Allah. Banyak doa yang dipanjatkan sebatas meningkatkan ketaqwaan pada Sang Pencipta

Akikah adalah bentuk syukur yang disertai dengan pembacaan alquran. Ini juga merupakan khilaf satu cara meningkatkan ibadah kepada sang pencipta.

2.Melaksanakan sunnah Rosul. Bukti bahwa kita mencintai Nabi Muhammad SAW karena telah menjalankan anjurannya

Sebagai umat Islam, sudah sepantasnya menjalankan sunnah Rosul seperti yang dianjurkan untuk melaksanakan akikah. Perintah ini juga ada dalam alquran dan As sunnah.

3.Menghilangkan kotoran dan penyakit. Akikah dilakukan pada hari ke-7 sehabis kelahiran bayi dengan mencukur rambutnya

Makna akikah ini juga untuk menghilangkan cemongan maupun penyakit. Saat memotong rambut bayi ini juga diiringi dengan doa-doa.

4.Mendoakan bayi. Nggak saja memotong kambing, ternyata akikah juga untuk mendoakan bayi agar menjadi anak soleh atau soleha.

Pada acara akikah juga akan diadakan doa berkembar sebagai wujud syukur dan tak lupa mendoakan agar bayi selampau sehat dan menjadi anak yang berguna khususnya bagi agama. Ini juga merupakan usaha orangtua agar nantinya anak selampau dalam ajaran yang selampau membawanya atas kesudian.

5.Meningkatkan silaturahim kepada masyarakat dengan membagikan daging kambing.

Bentuk syukur atas kehadiran sang buah hati juga dirasakan oleh tetangga atau kerabat damping yang menikmati kambing. Ini juga akan membantu meningkatkan silaturahim karena manusia kodratnya nggak bisa tumbuh senorang tanpa bantuan orang lain.

Pemotongan daging kambing akikah untuk anak lelaki bersenjang dengan anak perempuan seringkali menjadi perPerbahasanan. Alasan tersebut ternyata juga ada sejarah dalam peradaban bangsa Arab di masa lintas. Selain itu, akikah juga punya keutamaan berpengaruh dalam Islam. Semoga pengeingatan singkat ini bisa mencerahkan Moms semua, ya!